Merangkum Isi Pembicaraan dalam Diskusi/Seminar

        Diskusi merupakan bentuk tukar pikiran antara dua orang atau kelompok mengenai suatu masalah yang tujuannya untuk memecahkan masalah. Unsur yang harus ada dalam diskusi adalah materi yang didiskusikan, personal yang mendiskusikannya (peserta), pemandu, penghambat, tempat dan waktu.
        Dalam proses penyampaian gagasan dalam diskusi, ada kemungkinan pikiran, keterangan, atau pendapat peserta saling berbeda. Perbedaan pendapat, pandangan, gagasan, ide, pikiran, sikap inilah yang perlu dicari jalan keluarnya dalam diskusi.
      Setiap peserta dalam diskusi berkewajiban memberikan gagasannya untuk mendapatkan kesamaan, kesepakatan, kecocokan pikiran dan pendapat. Di samping itu juga untuk memahami suatu masalah, menemukan sebab-sebab terjadinya masalah, mencari kekurangan atau kesalahan masalah dan merumuskan jalan keluarnya.
        Masalah yang menjadi topik diskusi harus dirumuskan sebaik-baiknya, sehingga terbatas pada suatu masalah. Sedangkan jawaban yang akan dicari dalam diskusi tidaklah berupa "ya" atau "tidak" saja, tetapi harus ada penjelasan dari urun rembug yang sifatnya saling mengisi dan saling melengkapi.
        Jawaban yang berisi pendapat atau saran dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta diskusi kepada pembicara dapat diringkas menjadi satu kesatuan yang utuh. Hasil ringkasan tersebut disebut sebagai rangkuman hasil diskusi. Rangkuman atau ringkasan dapat diartikan sebagai bentuk ringkas atau pendek. Sebuah rangkuman pasti lebih pendek dari uraian aslinya. Rangkuman dapat dibuat ke dalam satu kalimat, satu paragraf, dan mungkin ke dalam beberapa paragraf.
        Setiap selesai mengadakan kegiatan diskusi, kita perlu membuat laporan menurut kebutuhan, baik secara lisan atau tertulis. Agar laporan diskusi dapat disajikan dengan jelas, hendaknya disusun dengan sistematika sebagai berikut.

1. Pendahuluan, berisi: latar belakang diskusi, tujuan diskusi, topik/masalah diskusi, tempat, waktu, pemandu, notulis.

2. Hasil diskusi, berisi:
a. pokok-pokok pikiran penulis dan tanggapan peserta;
b. pertanyaan-pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan peserta diskusi (floor).

3. Simpulan, berisi:
a. simpulan hasil diskusi yang diperoleh dari dalam makalah mengenai pokok-pokok
    pikiran penyaji dan tanggapan-tanggapan dari peserta;
b. masalah-masalah tersisa yang belum dibahas secara tuntas (bila ada);
c. saran-saran tindak lanjut berdasarkan hasil diskusi.

4. Lampiran, berisi hal-hal yang dilampirkan untuk mendukung isi laporan, diantaranya: makalah, acara diskusi, panitia diskusi, dan daftar peserta.
 
Selanjutnya, untuk menilai rangkuman diskusi dapat menggunakan rubrik penilaian menulis rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi/seminar di bawah ini:
 
RUBRIK PENILAIAN MENULIS RANGKUMAN
ISI PEMBICARAAN DALAM DISKUSI/SEMINAR

NAMA SISWA                :
KELAS, NO ABSEN      :
TANGGAL PENILAIAN  :
KOMPETENSI DASAR  :   Merangkum isi pembicaraan dalam suatu  
                                           diskusi atau seminar
 
NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL


1.
Kesesuaian rangkuman dengan isi pembicaraan
20

2.
Kelengkapan isi
20

3.
Ketepatan rangkuman
20

4.
Bahasa
20

5.
Kebakuan bahasa
20

JUMLAH SKOR MAKSIMAL
100

 



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:

0 komentar:

Poskan Komentar

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new